Gazebo

Gazebo adalah bangunan yang biasanya diletakkan pada daerah-daerah terbuka yang memiliki pemandangan yang unik, indah, menyejukkan. Biasanya fungsi gazebo adalah sebagai tempat yang digunakan untuk bersantai dan menghabiskan waktu, sambil bercengkrama bersama dengan menikmati keindahan pemandangan sekitarnya.
Tempat yang menarik untuk dibangun gazebo, misalnya di tepi kolam ikan, di tengah taman bunga, atau bisa juga di taman belakang rumah, atau di tempat-tempat sejenis dengan itu.
Karena memang tujuan dibangunnya gazebo, adalah sebagai tempat untuk menikmati kawasan sekitarnya, maka gazebo akan dibangun dengan membuat banyak bukaan pada setiap sisinya, bahkan biasanya hampir tidak ada penutup dinding pada setiap sisi gazebo, jadi kebanyakan gazebo akan menggunakan tiang-tiang penyangga atap saja.
Penyebutan gazebo sendiri dahulu diperkenalkan oleh orang Eropa yang ada di Indonesia, jadi namanya terdengar lebih keren. Tetapi sebenarnya orang Indonesia sudah mengenal bangunan jenis ini sejak lama, bahkan sebelum orang Eropa datang ke Nusantara. Misalnya saja untuk orang Sunda menyebut bangunan ini sebagai Saung, atau orang Jawa menyebutnya sebagai Gubug.
Untuk orang Jawa, lebih banyak menyebut gubug, sebagai bangunan kecil (gazebo) di tengah sawah, fungsinya adalah tepat untuk beristirahat bagi orang yang bekerja di sawah, dan sebagai tempat untuk mengamati sawah tersebut. Untuk saung sendiri kira-kira artinya hampir sama seperti gubug pada orang Jawa.
Sedangkan, untuk gazebo yang berada di bagian depan rumah, terutama sekali pada rumah-rumah tradisional Jawa, dan fungsinya adalah untuk menerima tamu, disebut sebagai pendopo, Biasanya pendopo dan bangunan utama pada rumah adat Jawa, dipisah dan dihubungkan dengan menggunakan koridor, tetapi terkadang ada juga yang langsung menyambungkan pendopo dengan rumah utama. Jadi, sebenarnya konsep gazebo sudah dikenal oleh Bangsa Indonesia sejak lama, bahkan sebelum Bangsa Eropa datang ke Indonesia.
Karena perbedaan budaya, sejarah, dan bahan yang paling banyak ditemukan di daerah asalnya, maka bahan bangunan yang digunakan oleh Eropa dalam membangun gazebo akan berbeda dengan bahan bangunan yang digunakan oleh orang Indonesia.
Dalam membangun gazebo biasanya orang Eropa lebih senang menggunakan bahan bangunan kokoh seperti beton, batu bata, atau baja, hal ini kerena di daerah asalnya mereka mengenal empat musim dan biasanya mereka juga mengenal badai dan cuaca buruk.
Karena itu bahan yang kuat dan tanah lama sering menjadi pilihan. Biasanya gazebo pada orang Eropa sering digunakan pada musim semi dan musim panas, karena pada saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk bersantai di luar rumah.
Sedangkan untuk orang Indonesia, karena di sini banyak terdapat bambu dan kayu, maka kedua bahan ini adalah bahan baku utama dalam pembuatan gazebo. Mungkin kedua bahan ini tidak dapat bertahan lama, tetapi karena bahan yang digunakan murah dan mudah didapat, maka bahan inilah yang kemudian banyak digunakan.

Copyright © 2016- 2019 | Produk Kayu Olahan | Prokalino.id

Hubungi Prokalino Via WA
Kirim Pesan